Friday, May 16, 2008

Uji coba Mosura CRS Food pada Udang Sulawesi dan Red Cherry

Semalam saya mengujicobakan Mosura CRS Specialty food pada udang-udang sulawesi dan red cherry saya. Klaim dari produsennya, selain khusus untuk CRS, makanan ini juga disukai oleh udang sulawesi dan sebagian besar udang-udang pemakan alga yang lain. Bentuk makanan udang ini adalah berupa lempengan-lempengan kecil berbentuk persegi panjang dan agak melengkung, ukurannya kurang lebih sekitar 5x1 cm. Awalnya saya patahkan lalu saya cemplungkan ke dalam akuarium. Karena berat, maka langsung tenggelam.... Beda dengan makanan yang biasa saya berikan, berbentuk butiran/granule yang harus saya buat tenggelam dulu di suatu wadah, baru setelah itu saya cemplungkan ke akuarium.

Udang pertama yang "ngeh" adalah udang red cherry saya, pelan-pelan langsung mendekat dan mulai memakan. Dalam hitungan detik udang-udang red cherry yang lain berdatangan dan ikut pesta... Udang-udang sulawesi saya awalnya biasa-biasa aja...tapi lama-lama mendekat, yang pertama mendekat adalah Six Banded, disusul dengan Big Line, lalu Red Lined. Kelihatannya agak-agak ragu untuk makan, tapi akhirnya makan juga... udang-udang sulawesi saya yang lain (Yellow Cheek, Red White Spotted dan Celebes Bee), yang kebetulan agak jauh...cuek aja, asumsi awal saya, mungkin belum mencium baunya.

Beda dengan ketika saya kasih makanan biasa yang bisa dihabiskan dalam waktu 5 sampai 10 menit saja, dengan makanan ini, setengah jam saya menunggu, masih belum habis juga... Mungkin karena bentuknya padat, jadi perlu waktu lama untuk menghabiskannya. Karena kepadatannya juga makanan ini jadi tidak membuat keruh air akuarium.

Setelah satu jam, saya perhatikan sebagian dari udang sulawesi masih cuek, sebagian yang lain masih terus menikmati. Tapi udang red cherry kelihatannya doyan sekali. Sampai lampu akuarium saya matikan, makanan masih belum habis. Pagi hari saya cek, makanan sudah habis... :-)

Kesimpulan: untuk udang red cherry, makanan ini cocok sekali. untuk udang sulawesi, sebagian besar kelihatannya bisa menerima, mungkin lama-lama bisa cocok juga....

Keputusan akhir saya adalah menjadikan makanan ini makanan tambahan sehari-hari udang-udang saya. Jadi ada 2 makanan buatan selain makanan alaminya yaitu alga dan mikroorganisme yang ada di akuarium....

1 comment:

Unknown said...

sore pak,

Saya hobbies baru di udang, mo nanya untuk beli Mosura CRS Specialty food di jakarta di mana?

Makasih atas bantuannya

Surya